Facebook Marketplace - Edukasi

EDUKASI FB MARKET PLACE 

Terima kasih... Kenalkan saya Admin Dosen Jualan. 

Saya ingin rutin mengirimkan Edukasi Tips Jualan Online di WA Anda.

Untuk EPISODE PERTAMA akan membahas tentang Facebook Market Place, ada 10 series nantinya yang Anda akan terima tiap harinya... 

EPISODE KEDUA akan membahas tentang Tehnik Riset Hastag di Instagram. Juga 10 Seri

Tentu itu jika Anda berkenan menerimanya. Jika berkenan menerima, maka tips pertama akan terkirim esok hari yah...

Salam Hormat 
Admin Dosen Jualan

Jika pesan edukasi ini mengganggu Anda, klik link dibawah untuk berhenti menerimanya.
Yakin nih mau berhenti? Entar nyesel loh

PART 1 : EDUKASI FB MP

Memasuki Ramadhan, salah satu media jualan online yang dipastikan bakal ramai efek promosi serta closingnya adalah Facebook Market Place, jadi ayo gunakan segera. 

Selain kekuatan Judul Postingan Promosinya, kekuatan lain dari Facebook Market Place adalah di GAMBAR POSTINGAN.

Tips dari Admin Dosen Jualan, Saat posting foto produk pasanglah minimal 8 foto kalo perlu 10 foto. Fotonya buat dalam format bersambung, kayak Swipe Left di Story WA dan IG atau Micro Blog di Feed Instagram atau Carousel di Facebook. (tips selanjutnya esok hari yah)

PART 2 : EDUKASI FB MP

Jangan biasakan pasang keterangan di bagian keterangan atau deskripsi produk. 

Percayalah Cabuy malas membacanya. Budaya leterasi masyarakat Indonesia makin hari makin parah nih kayaknya. 

Sudah taukan kelakuan Cabuy Indonesia, harga sudah dipasang aja masih nanya lagi. 

Warna sudah jelas kelihatan, masih aja nanya "warnanya apa sis". 

Sudah ditulis Free Ongkir, ekh masih aja nanya "ini free ongkir" gak? Ha ha ha, Itulah sisi heroik para penjual Online di Indonesia.

Sebaiknya, pasanglah keterangan atau deskripsi di dalam badan gambar (buatkan desain sendiri), itu jauh lebih baik. Masyarakat kita lebih suka membaca Gambar daripada  membaca Teks. Percayalah. Tips berikutnya? Esok yah

PART 3 : EDUKASI FB MP

Buatlah gambar 8 hingga 10 gambar dengan ukuran 1200 x 628 pixel (rekomendasi). 

Dengan rasio 9:16, gunakan format JPG atau PNG yah. 

Gambarnya bisa Anda buat menggunakan Corel Draw, Photoshop atau mungkin power point, paling sederhana gunakanlah Canva. 

Masih gak bisa buat juga?
Gaji anakmu atau tentanggamu atau mahasiswa / anak sekolah yang kamu kenal. Ayolah keluarkan duit 50rb - 100rb untuk dapatkan kualitas yang terbaik. Mau bisnis kan harus modal.

Nah, Admin Dosen Jualan akan menguraikan seperti apa sih kompisisi dari 10 gambar itu. Hemmm makin menarik yah... 

Gambar Pertama : Pasanglah GAMBAR yang cetar, ada efek WOW-nya, sehingga begitu orang nemu gambar di timeline FB MP, mereka mau berhenti Scrool. 

Gunakanlah Rumus AIDA disini, taukan rumus itu. Attention, Interest, Desire, Action. 

Banyak noh, penjelasan tentang ini beredar di Google dan Youtube.

Gambar Kedua? Masih ada esok hari tunggu yah... Jangan lupa save kontak ini dengan nama Admin Dosen Jualan.


PART 4 : EDUKASI FB MP

Hai hai hai.... 
Lagi hujankah disana? Kata neneknya mimin, hujan itu berkah, makanya berdoalah.

Di Kantornya Pak Dosen Jualan, lagi hujan nih. Kami selalu diminta berdoa. Doa wajib kami adalah "Ya Rabb kami, kuatkanlah tim kami ini". 

Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah bangun tim yang kuat juga? Tim yang kuat dan selalu lincah mencari celah sempit di masa covid ini adalah idaman semua pebisnis. 

Mungkin itulah alasan Pak Dosen Jualan, selama 3 purnama ini fokus membangun 3 tim sekaligus. Tim KDJ, Tim Jasa, Tim Olshop. Beruntung mimin bisa "keangkut" jadi salah satunya.... hehe

Malah ngelantur yak...
Sekarang yuk kembali ke layar. Kita bahas tentang komposisi gambar di rangkaian gambar FB MP. 

Pada gambar 2 sampai gambar 4. Anda boleh memasang gambar produk Anda. 

Misalnya produk Anda ada 3 varian / warna berbeda, maka pasanglah secara terpisah pada gambar tersebut. 

Jangan lupa bubuhkan deskripsi produk dalam gambarnya yah. Buatlah menjadi bersambung juga yah..

Gambar 2 : Bubuhkan tentang kualitas produk Anda
Gambar 3 : Tentang bahan bakunya mungkin...
Gambar 4 : Bolehlah tentang proses produksinya...

Hemmm, cukup panjang juga yak. He he, udah dulu yak... mimin mau makan ma Shalat dulu. Sampai ketemu di Edukasi Part 5 yah...

Salam Dari Mimin
Peri Cantiknya Piyungan

PART 5 : EDUKASI FB MP

Menulis part ini, mimin sambil ngintipin Pak Dosen Jualan dari jauh, sedang briefing konsep konten ke tim Kampus Dosen Jualan. Bagaimana madukan konten di Soschat, Sosmed, Web dan Youtube. Asyik yah kalo sudah punya team.

Kembali ke materi yuk...

Kini waktunya kita bahas tentang Slide 5 dan 6 dalam komposisi gambar pada promosi di Facebook Market Place. 

Nah pada slide pertengahan ini, cantumkanlah testimoni dari jualan Anda. Tapi hindari menggunakan format Before After, facebook gak suka konten seperti ini. Cantumkan aja screenshot dari WA atau sosmed Anda. 

STOP...
Jangan share fake testimony yah.. testimoni yang berbohong. Ingat rejeki gak barokah. Udahan dulu yak... Mimin mau live webinar dulu, mau podcast ala Youtuber kita, he he he. Sampai ketemu di Part 6 yak

Salam Dari Mimin

Peri Centilnya Piyungan

Boleh donk balas pesan ini dengan sebutkan nama lengkap dan asal kotanya masing-masing. 


PART 6 : EDUKASI FB MP

Wooooiii yang lagi rebahan, yang lagi kedinginan yuk melek, pasang semangat setrongmu. 

Tuh, Gunung Merapi kemarin lagi erupsi, lagi menggeliat. Mengajak kita setrong hadapi hidup yang kian penuh drama ini ha ha ha..

Udah akh, 
Yuk kita masuk ke materi inti, bahas tentang seperti apa sih kompisisi di Slide ke-7 dalam rangkain gambar promosi jualan di Market Place Facebook. 

Kalo kata guru-guru senior di Kampus Dosen Jualan sih, di slide ketujuh pasanglah penawaranmu. 

Penawaran yang bikin cabuy berteriak wowww... diringin mulut yang mengingat dan mata yang melotot girang. 

Boleh kamu tulis dengan besar disitu "Free Ongkir", "Buy 1 Get 2", "Bonus Cium" dan sejeninya deh. 

Jangan lupa pasangnya deskripsi dalam bentuk body text tentang kelebihan produkmu, keunggulannya. Boleh cerita tentang bahan, kualitas, jenisnya atau apa saja deh...

Agar lebih lihai bikin ginian, coba deh searching di Google "Contoh Offering yang menjual". Insya Allah nemu banyak ide. Ok Bro! Setuju ya Sis!

Sampai ketemu diserial berikutnya, bahas Slide 8. Selamat nunggu. 

Salam Kecup dari Mimin

Peri Termanisnya Piyungan


PART 7 : EDUKASI FB MP

Saatnya membahas tentang slide ke 8....

Setelah Anda membelalakkan mata cabuymu di slide 7, dengan iming-iming yang sangat mengggoda. 

Nah yang baju merah jangan lepas donk, buat mereka kepancing untuk berteriak "ini gak boleh saya lewatkan", "mak beliin ini mak".....

Slide 8 adalah kelanjutan dari slide 7. Di slide 8 ini ceritakanlah tentang kelebihan produk dan layananmu. 

Bolehlah kamu kasih mereka tentang garansi, retur, dan aktifitas after sales lainnya. 

Misalnya bila barang rusak, boleh Anda tukar dengan barang baru. 

Jika segel barang tidak utuh saat diterima, jangan mau nerima. 

Jika ada yang lebih murah dari kami, kami ganti uangmu plus boleh nikahin mimin hari itu juga. wkwkkwkw

Jadi intinya slide 8 adalah, Anda berikan garansi ke cabuy Anda. Pastikan garansinya yang masuk akal yah... dan betul-betul bisa Anda tunaikan. 

Yuk bahas Slide 9. 
Kalo di slide 9 itu...... 
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
Selamat kamu kena Prank

Slide 9 kita bahas di part berikutnya yah... wkwkwkkwkwk

Salam Kecup dari Mimin

Peri Termanisnya Piyungan

PART 8 : EDUKASI FB MP

Kemarin sore dapat berita duka, kalo Kang Pipit pemain Sinetron Preman Pensiun meninggal dunia, duh sedih deh jadinya mimin. 

Bagi Mimin centil, Kang Pipit itu lucu banget, polos, oon dan jenaka. Semoga diterima di Surga-Nya yah Kang Pipit.

Heiii... hari kita bahas tentang Slide 9 Yuk....

Setelah pasang promosi, gambar menarik, offering dan deskripsi menarik. Saatnya Anda giring cabuy Anda untuk segera beli produk Anda, "paksa" mereka segera membeli produk Anda. Makanya di slide ke 9 ini, buatlah Scarecity yang bernada nilai urgency. 

Contohnya....
- Free Ongkir untuk yang order sebelum jam 12 siang. 
- Sisa 18 stock lagi nih. 
- Harga promo hanya sampai jam 2 siang ini. 
- Besok senin harga naik. (mimin jadi ingat Fenny Rose)
dan lainnya ........

Sudah paham kan... Nah penjelasan tentang Komposisi Gambar dalam Market Place Facebook ini, juga sudah dijelaskan dalam format gambar di konten Instagramnya Kampus Dosen Jualan, coba aja lihat disini  https://www.instagram.com/p/CKTnJGzh1Mg/

Huff... udahan dulu yuk....
Mimin mau pake cream malam dulu, biar bobonya aman dari ciuman si ...... he he he

Besok pagi, mimin tulis part pamungka yah... 

Salam Kecup dari 
Admin Dosen Jualan

Peri Centilnya Piyungan

PART 9 : EDUKASI FB MP

Salam Hormat Para Pemirsah, apakah Anda sudah mendengar suara sayahhhhh.... ha ha ha ha

Gak berasa kita sudah masuk part terakhir yah.... part yang membahas tentang Komposisi Gambar di Market Place Facebook.
Seperti apakah komposisi di gambar 10?

Gambar 10 adalah gambar terakhir, maka pastikan dibagian ini Anda membubuhkan Kontak Person Anda yang mudah dibungi konsumen, tulislah nomor HP atau WA dengan font yang lebih besar. 

Format penulisan HP sebaiknya dipenggal per 3 atau 4 angka. Misalnya 0881 6696 397. Jangan ditulis nyambung jadi satu! 

Kenapa?
Sudahlah ikut aja anjuran kami, gak usah ngajak berdebat yah. Boleh juga Anda cantumkan tulisan "LIMITED EDITION", "STOCK SISA DIKIT". Ok githu yah...

Lalu, mungkin Anda bertanya, bagaimana membuatnya, mendesain gambar tersebut. Mimin saranin baca nih tipsnya dari kakak di IG Kampus Dosen Jualan disini https://www.instagram.com/p/CKWNbDXh9wY/?igshid=evf0f6kbu2s5 <=== klik aja disini

Tuh kan... mimin baik banget kan....
Semua ilmu terkaitnya dikasih loh... he he he

Btw, karena mater tentang FB MP sudah habis, usul donk, berikutnya bagusnya bahas apa nih?

Salam Rindu 
Admin Dosen Jualan

Peri yang berhati Suci


Hai Hai semua...

Hai ketemu kembali dengan Admin Dosen Jualan disini yah, maaf nih hampir sebulan mimin gak aktif sharing ilmu disini. 
Mimin lagi kendala tehnis kemarin, Alhamdulillah sekarang sudah tertangani dengan sempurna. Siap tempur lagi deh...

Mimin kembali lagi nih, maaf nih kemarin sempat istirahat karena ada kendala tekhnis. 

Kali ini Admin Dosen Jualan akan membahas tentang Bagaimana Jualan yang laris di Bulan Ramadhan

Materi lanjutan sudah tersedia nih, kali ini membahas PANEN RAYA DI BULAN RAMADHAN, membahas produk apa yang laris di bulan Ramadhan Anda. 

Tentu saja juga membahas media apa yang dipakai buat jualan di bulan Ramadhan dan bagaimana triknya...

Apakah Anda bersedia menerima ilmunya... Yuk balas pesan ini dengan Iya, saya bersedia min

24 Jam dari sekarang, mimin akan kirim materi edukasinya buat Anda. 

Yuk simak yah... dapatkan dengan cara kirim pesan ke Mimin yah
Formatnya : ramadhan#Nama Anda

Contoh : ramadhan#Joko Susilo
Kirimkan ke nomor ini  wa.me/628816696397 yah, lewat pesan WA. Maka tunggulah kehadiran edukasi itu di WA Anda. 

Salam Cinta dari Lembah Piyungan

--- --- ---

⛔ Kalau ingin STOP terima chat kami, KLIK & LANGSUNG send chatnya » wa.me/628816696397?text=berhenti%23ramadhan


LARIS JUALAN DI BULAN RAMADHAN 2

Bagaimana supaya jualan di Bulan Ramadhan laris di Bulan Ramadhan?

Tentu harus diawali dengan memilih Produk yang laris di Bulan Ramadhan...

Nah Produk Apakah itu.... Berikut Mimin rincikan yah...

A. Produk yang banyak dibeli Bapak-Bapak di Bulan Ramadhan
1. Sarung, Sajadah, Kopiah ==> ini dipakai untuk Taraweh dan shalat jamaah di Masjid
2. Baju Koko dan Kurung Taqwa ==> dibeli biasanya 1 minggu jelang lebaran
3. Jam tangan atau HP baru ==> Dibutuhkan sebagai media bersosialita ala Bapak-bapak kala silaturahmi lebaran
4. Produk perawatan dan aksesori mobil - motor ==> Biar mobil lebih ciamik saat dibawah mudik nanti
5. Sandal dan sepatu ==> Ini mah wajib, karena biasanya laki-laki persediannya terbatas
6. Roff Box Mobil ==> Ini dibutuhkan untuk bawa bekal mudik 
7. Sticker kaca anti air dan embun ==> Lebaran tahun ini dalam musim hujan, jadi dibutuhkan untuk kelancaran perjalanan mudik.

Jadi kalo Anda punya target pasar kaum pria pertimbangkan untuk jualan produk ini.

Nah kalo untuk ibu-ibu apa donk yang cocok?
Tunggu materinya yah, 24 jam dari sekarang..

PRODUK YANG PASTI DIBELI EMAK-EMAK DI BULAN RAMADHAN 

Iyap, produk ini biasanya dibeli emak-emak di Bulan Ramadhan, tapi bukan untuk kebutuhan pribadinya, melainkan untuk kebutuhan dapur sih, apa saja produknya? Yuk simak

1. Serutan Buah, iya donk dibutuhkan untuk membuat es buah atau kolak buah.

2. Teko Tempat Es Buah, tahun lalu mungkin sudah punya, tapi tahun harus ada yang beda donk, update model kekinian.

3. Mangkuk Besar, untuk hidangkan sajian es buah atau sirupnya, biasanya sih ini untuk kalangan menengah keatas.

4. Gelas Cocktail, tak lengkap rasanya nikmat ramadhan dengan es buah tanpa menggunakan gelas bertangkai ini, minumnya serasa lebih syahduh.

5. Toples cemilan, habis buak puasa, sambil nunggu waktu shalat taraweh, cemilan dalam toples ini menjadi pengisi waktu loh

6. Microwave, biar sahurnya gak riweh bin dikejar waktu, ini yang bakal jadi malaikat penyelamat dari bahaya gak sahur.

Nah, 
Siapin tuh, produk tersebut untuk dijual.... 

Besok admin mau share tentang produk yang sering dibeli anak remaja putri, tungguin yah

PRODUK YANG PASTI DIBELI REMAJA PUTRI, DI BULAN RAMADHAN

Remaja Putri itu kebutuhan banyak, banyak dari segi itemnya juga dari segi jumlahnya. 

Lalu produk apa sajakah yang banyak dibutuhkan Remaja Putri di Musim Ramadhan... Yuk Disimak...

1. Mukena. Anak perempuan butuh mukena buat taraweh, mukena buat shalat ied, mukena buat di kantor / kampus, mukena buat traveling/ngabuburit, mukena. Tuh banyak kan...

2. Tali masker dan masker, hadirnya Mbak Corona dan Mas Covid ternyata sukses merubah gaya fashion kita saat ini. Masker dan tali masker kini sudah menjadi kebutuhan, bukan lagi sekedar pelengkap fashion.

3. Jilbab aneka warna dan model. Remaja cewek, itu sering ganti busana, dan suka menubah penampilannya dalam sehari. Apalagi jika aktifitasnya banyak dan beragam, iya butuh stock jilbab yang banyak jumlah dan varian warnanya.

4. Sandal cewek. Konon katanya, jenis alas kaki - sandal - sepatu cewek itu ada 40 jenis loh. Sandal buat shalat taraweh, ngabuburit dan untuk jalan-jalan subuh harus selalu berbeda. 

5. Kosmetik dan Perawatan. Mau bulan Ramadhan atau bukan, produk ini selalu dibutuhkan sih.

Kalo sudah tau list produknya, lalu produk apa yang akan Anda pilih untuk Anda jual?

Btw, untuk besok baiknya kita bahas apa nih. Masih contoh produk atau langsung ke cara jualannya?

*[ PRODUK YANG BIASANYA DIBELI REMAJA COWOK, DI BULAN RAMADHAN ]*
Gak adil rasanya, bahas produk cewek lalu produk cowok tidak ikut dibahas. Padahal anak cowok juga banyak butuhnya di bulan Ramadhan. Meski itemnya cuma sedikit, tapi dari akumulasi harganya bisa mengalahkan akumulasi harga anak remaja cewek.
Lalu apa saja kebutuhan mereka? Yuk disimak...
1. Pafrum Maskulin, percaya diri anak cowok akan naik 5 level jika sudah menggunakan parfum, termasuk saat mereka ke Masjid untuk Taraweh atau saat ngabuburit.
2. Aksesoris motor, karena butuh mejeng saat ngabuburit, motor yang cantik, motor yang full modifikasi menjadi penunjang kadar kegantengan dan kepopuleran mereka di tengah-tengah temannya.
3. Celana sarung. Kalo Anda kenal Dosen Jualan, leadernya mimin nih. Beliau itu termasuk orang yang suka banget pakai celana sarung, ringkas dan leluasa katanya, dan itulah yang disenangi anak muda sekarang. Celana ketat, celana pensil, celana stretch sudah lewat masanya.
4. Selain celana sarung, produk berupa celana cinosnya disukai anak muda saat ini, menggantikan celana ketat, celana pensil dan celana stretch.
5. Baju koko kekinian, janganlah coba-coba jual baju koko yang berbahan tipis, dengan kanton disisi kiri bawah dan kanan bawah baju. Baju koko yang banyak dipakai kakek dan bapak mereka, gak bakal laku untuk mereka.
Hemmm apalagi yah?
Anda punya catatan lain, mimin kasih tau donk...
--- --- ---
⛔ Kalau ingin STOP terima chat kami, KLIK & LANGSUNG send chatnya » wa.me/628816696397?text=berhenti%23ramadhan

PRODUK YANG BIASANYA DIBELI REMAJA COWOK, DI BULAN RAMADHAN

Gak adil rasanya, bahas produk cewek lalu produk cowok tidak ikut dibahas. Padahal anak cowok juga banyak butuhnya di bulan Ramadhan. Meski itemnya cuma sedikit, tapi dari akumulasi harganya bisa mengalahkan akumulasi harga anak remaja cewek.

Lalu apa saja kebutuhan mereka? Yuk disimak...

1. Pafrum Maskulin, percaya diri anak cowok akan naik 5 level jika sudah menggunakan parfum, termasuk saat mereka ke Masjid untuk Taraweh atau saat ngabuburit.

2. Aksesoris motor, karena butuh mejeng saat ngabuburit, motor yang cantik, motor yang full modifikasi menjadi penunjang kadar kegantengan dan kepopuleran mereka di tengah-tengah temannya.

3. Celana sarung. Kalo Anda kenal Dosen Jualan, leadernya mimin nih. Beliau itu termasuk orang yang suka banget pakai celana sarung, ringkas dan leluasa katanya, dan itulah yang disenangi anak muda sekarang. Celana ketat, celana pensil, celana stretch sudah lewat masanya.

4. Selain celana sarung, produk berupa celana cinosnya disukai anak muda saat ini, menggantikan celana ketat, celana pensil dan celana stretch.

5. Baju koko kekinian, janganlah coba-coba jual baju koko yang berbahan tipis, dengan kanton disisi kiri bawah dan kanan bawah baju. Baju koko yang banyak dipakai kakek dan bapak mereka, gak bakal laku untuk mereka.

Hemmm apalagi yah?
Anda punya catatan lain, mimin kasih tau donk...

PRODUK RECEH, YANG DICARI DI BULAN RAMADHAN

Receh sih memang produknya, tapi auto dicari di bulan Ramadhan. Cocoknya dijual di market place, seperti market place facebook, shopee, bukalapak, tokopedia, lazada dan lainnya.

Produk apa sajakah itu

1. Buku laporan kegiatan ramadhan
Pernah donk Anda pakai buku ini, coba intip anak atau ponakan Anda, pada bawa gak tuh ke Masjid tiap Taraweh

2. Peci anak cowok
Karena anak cowok gak pintar rawat barang-barangnya, makanya barang ini sering keselip entah dimana. Jelang ramadahan dicari gak ketemu, ya beli baru. Apalagi kalo ukurannya gak cocok lagi.

3. Petasan
Hemmm Ramadhan kayaknya gak lengkap deh tanpa ini.

4. Bedak bayi. 
Kalo Anda sering main Karambol bersama teman nongkrong Anda atau teman di Pos Ronda, Anda pasti tau fungsi dari bedak bayi ini.

5. Jam beker alias Alarm
Yang masih susah kendalikan berat pelupuk matanya di subuh hari, ini satu-satunya solusi Anda, belilah.

6. Kartu remi dan domino
Ini sih mirip dengan bedak bayi, dibutuhkan kelompok tertentu.

Hemmm
Udahan yah contoh, saatnya yuk siap belajar bagaimana menjual, series berikutnya mimin share deh

MEDIA JUALAN DI BULAN RAMADHAN

Jualan di bulan Ramadhan itu simple saja. Jualanlah dengan target pasar lokal saja. Pasar dengan tetangga sekitar tempat tinggal atau lokasi bisnis Anda. 

Lalu apa saja media online yang cocok untuk pasarkan itu? Ini dia saran dari Dosen Jualan.

1. Facebook Market Place
2. Group WA 
3. Story WA
4. Facebook Group
5. Telegram
6. Tinder
7. Youtube

Hemmm kayaknya, yang nomor 6 paling mengundan perhatian deh. Kok jualan lewat Tinder sih? 

Yang nomor 5 juga kayaknya gak kebayang tuh...

Penasaran? 

MEDIA JUALAN DI BULAN RAMADHAN 1 

Kita mulai dulu dengan Facebok Market Place

Seperti ditulis oleh Dosen Jualan dalam bukunya "Jualan Laris lewat Facebook Market Place",. Fitur baru dari Facebook ini mampu memberikan prioritas promosi dengan jangkauan khusus di area tertentu. Artinya, Anda bisa menentukan sendiri area pasar yang Anda inginkan. Bisa Anda setting dengan jangkauan satu kota, kecematan atau bahkan satu desa saja.

Lengkapilah promosi Anda di FB Market Place dengan judul yang menarik perhatian. Pasang 10 foto produk Anda sekaligus, perhatikan penjelasannya pada series sebelumnya yah. Lengkapi juga deskripsinya selengkap mungkin, mulai dari bahan baku, kualitas, harga dan lain sebagainya.

Jangan lupa. Label dan kategori produk juga wajib Anda isi yah. Begitu juga dengan lokasi target pasar Anda. 

Eitss
Sudah dulu yah, kita ketemu lagi di tips lainnya. 24 jam berikutnya. 


MEDIA JUALAN DI BULAN RAMADHAN 2

Sekarang kita bahas tentang bagaimana jualan lewat WA Group.

Tidak semua group WA bisa Anda jadikan sasaran untuk jualan online loh yah... Camkan itu.

Awalilah dengan banyak bergabung ke Group WA yang berbau jual beli, terutama di area wilayah Anda. 

Misalnya group WA; Jual Beli Jogja, Jual Beli Semarang, Makassar Datang, Bubuhan Samarinda, Bantul Biz dan yang sejenisnya. 

Group seperti ini memang cenderung terbuka untuk umum, artinya bisa Anda tempat untuk menawarkan produk jualan Anda. Selain group itu jangan coba-coba yah, itu cari penyakit namanya.

Buatlah materi promosi dengan Komposisi berikut :
1. Judul, maksimal 8 kata
2. Buat 4 paragraf
3. Paragraf 1, juallah ketakutan
4. Paragraf 2, tawarkan deskripsi
5. Paragraf 3, tawarkan produk Anda
6. Paragraf 4, pasanglah CTA Anda disana.
Apa itu CTA, coba deh googling aja yah

Segera praktek loh yah...

TRIK JUALAN ONLINE DI BULAN RAMADHAN 

Hemm... sudah sampe series 10 nih tentang Panen Raya di Bulan Ramadhan nih... gak terasa yah..

Padahal kita belum membahas masalah Youtube, Telegram hingga Tinder... Lalu kapan nih kita bahas semuanya. 

Mimin sudah diskusi nih dengan Pak Dosen Jualan, dan kami sudah punya solusinya. 

Solusi untuk membahas semua trik-trik jualan tersebut dalam kelas khusus, yakni kelas online. Kelas jarak jauh... Belajar intensif dalam lewat Video pembelajaran langsung dari Dosen Jualan dan tersedia juga rekamannya. Bisa konsultasi juga tentunya.

Kami hanya membuka kesempatan untuk 20 orang yah... dan tentu ini gak gratis loh yah... Bagi Anda yang serius langsung saja balas pesan ini yah... Katakan Min, aku ikutan kelasnya yah

KLIK & LANGSUNG send chatnya » wa.me/628816696397

EDUKASI FB MARKET PLACE

Terima kasih... Kenalkan saya Admin Dosen Jualan. Saya ingin rutin mengirimkan Edukasi Tips Jualan Online di WA Anda.

Untuk EPISODE PERTAMA akan membahas tentang Facebook Market Place, ada 10 series nantinya yang Anda akan terima tiap harinya... 

EPISODE KEDUA akan membahas tentang Tehnik Riset Hastag di Instagram. Juga 10 Seri

Tentu itu jika Anda berkenan menerimanya. Jika berkenan menerima, maka tips pertama akan terkirim esok hari yah...

Salam Hormat 
Admin Dosen Jualan

PART 1 : EDUKASI FB MP

Memasuki Ramadhan, salah satu media jualan online yang dipastikan bakal ramai efek promosi & closingnya adalah Facebook Market Place, jadi ayo gunakan segera. 

Selain kekuatan Judul Postingan Promosinya, kekuatan lain dari Facebook Market Place adalah di GAMBAR POSTINGAN.

Tips dari Admin Dosen Jualan, Saat posting foto produk pasanglah minimal 8 foto kalo perlu 10 foto. 

Fotonya buat dalam format bersambung, kayak Swipe Left di Story WA dan IG atau Micro Blog di Feed Instagram atau Carousel di Facebook. 
(tips selanjutnya esok hari yah)

PART 3 : EDUKASI FB MP 

Buatlah gambar 8 hingga 10 gambar dengan ukuran 1200 x 628 pixel (rekomendasi). 

Dengan rasio 9:16, pastikan format JPG atau PNG yah. 

Gambarnya bisa Anda buat menggunakan Corel Draw, Photoshop atau mungkin power point, paling sederhana gunakanlah Canva. 

Masih gak bisa buat juga?
Gaji anakmu atau tentanggamu atau mahasiswa / anak sekolah yang kamu kenal. Ayolah keluarkan duit 50rb - 100rb untuk dapatkan kualitas yang baik. Mau bisnis kan harus modal.

Nah, Admin Dosen Jualan akan menguraikan seperti apa sih kompisisi dari 10 gambar itu. Hemmm makin menarik yah... 

Gambar Pertama : Pasanglah GAMBAR yang cetar, ada efek WOW-nya, sehingga begitu orang nemu gambar di timeline FB MP, mereka mau berhenti Scrool. 

Gunakanlah Rumus AIDA disini, taukan rumus itu. Attention, Interest, Desire, Action. Banyak noh, penjelasan tentang ini beredar di Googel dan Youtube.

Gambar Kedua? Masih ada esok hari tunggu yah... 

PART 4 : EDUKASI FB MP

Hai hai hai.... 
Lagi hujankah disana? Kata neneknya mimin, hujan itu berkah, makanya berdoalah.

Di Kantornya Pak Dosen Jualan, lagi hujan nih. Kami selalu diminta berdoa. Doa wajib kami adalah "Ya Rabb kami, kuatkanlah tim kami ini". Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah bangun tim yang kuat juga? Tim yang kuat dan selalu lincah mencari celah sempit di masa pandemi ini adalah idaman semua pebisnis. 

Mungkin itulah alasan Pak Dosen Jualan, selama 3 bulan ini fokus membangun 3 tim sekaligus. Tim KDJ, Tim Jasa, Tim Olshop. Beruntung mimin bisa "keangkut" jadi salah satunya.... hehe

Malah ngelantur yak...
Sekarang yuk kembali ke layar. Kita bahas tentang komposisi gambar di rangkaian gambar FB MP. 

Pada gambar 2 sampai gambar 4. Anda boleh memasang gambar produk Anda. Misalnya produk Anda ada 3 varian / warna berbeda, maka pasanglah secara terpisah pada gambar tersebut. Jangan lupa bubuhkan deskripsi produk dalam gambarnya yah. Buatlah menjadi bersambung juga yah..

Gambar 2 : Bubuhkan tentang kualitas produk Anda
Gambar 3 : Tentang bahan bakunya mungkin...
Gambar 4 : Bolehlah tentang proses produksinya...

Hemmm, cukup panjang juga yak. He he, udah dulu yak... mimin mau makan ma Shalat dulu. Sampai ketemu di Edukasi Part 5 yah...

Salam Dari Mimin
Peri Cantiknya Piyungan


PART 5 : EDUKASI FB MP

Menulis part ini, mimin sambil ngelihatin Pak Dosen Jualan dari jauh, sedang briefing konsep konten ke tim Kampus Dosen Jualan. Bagaimana madukan konten di Soschat, Sosmed, Web dan Youtube. Asyik yah kalo sudah punya tim.

Kembali ke materi yuk...

Kini waktunya kita bahas tentang Slide 5 dan 6 dalam komposisi gambar pada promosi di Facebook Market Place. 

Nah di slide pertengahan ini, cantumkanlah testomoni dari jualan Anda. Tapi hindari menggunakan format Before After, facebook gak senang konten seperti ini. Cantumkan aja screenshot dari WA atau sosmed Anda. 

STOP...
Jangan share fake testimony yah.. testimoni yang berbohong. Ingat rejeki gak barokah. Udahan dulu yak... Mimin mau live webinar dulu, mau podcast ala Youtuber kita, he he he. Sampai ketemu di Part 6 yak

Salam Dari Mimin

Peri Centilnya Piyungan

*Boleh donk balas pesan ini dengan sebutkan nama lengkap dan asal kotanya masing-masing*

PART 6 : EDUKASI FB MP 

Wooooiii yang lagi rebahan, yang lagi kedinginan yuk bangun, pasang semangat setrongmu. Tuh, Gunung Merapi kemarin lagi erupsi, lagi menggeliat. Mengajak kita semangat hadapi hidup yang kian penuh drama ini ha ha ha..

Udah akh, 
Yuk kita lanjut ke materi inti, bahas tentang seperti apa sih kompisisi di Slide ke-7 dalam rangkain gambar promosi jualan di Market Place Facebook. 

Kalo kata mentor-mentor senior di Kampus Dosen Jualan sih, di slide ketujuh pasanglah penawaranmu. Penawaran yang bikin cabuy berteriak wowww... diiringin mulut yang mengingat dan mata yang melotot heboh. Boleh kamu tulis dengan besar disitu "Free Ongkir", "Buy 1 Get 2", "Bonus Cium" dan sejeninya deh. Jangan lupa pasangnya deskripsi dalam bentuk body text tentang kelebihan produkmu, keunggulannya. Boleh cerita tentang bahan, kualitas, jenisnya atau apa saja deh...

Agar lebih lihai bikin ginian, coba deh searhing di Google "Contoh Offering yang menjual". Insya Allah nemu banyak ide. Ok Bro! Setuju ya Sis!

Sampai ketemu diserial berikutnya, bahas Slide 8. Selamat nunggu. 

Salam Kecup dari Mimin

Peri Termanisnya Piyungan


PART 7 : EDUKASI FB MP

Saatnya membahas tentang slide ke 8....

Setelah Anda membelalakkan mata cabuymu di slide 7, dengan iming-iming yang sangat mengggoda. Nah yang baju merah jangan lepas donk, buat mereka kepancing untuk berteriak "ini gak boleh saya lewatkan", "mak beliin ini mak".....

Slide 8 adalah kelanjutan dari slide 7. Di slide 8 ini ceritakanlah tentang keunggulan produk dan layananmu. Bolehlah kamu kasih mereka tentang garansi, retur, dan aktifitas after sales lainnya. Misalnya bila barang rusak, boleh Anda tukar dengan barang baru. Jika segel barang tidak utuh saat diterima, jangan mau nerima. Jika ada yang lebih murah dari kami, kami ganti uangmu plus boleh nikahin mimin hari itu juga. wkwkkwkw

Jadi intinya slide 8 adalah, Anda berikan garansi ke cabuy Anda. Pastikan garansinya yang masuk akal yah... dan betul-betul bisa Anda tunaikan. 

Yuk bahas Slide 9. 
Kalo di slide 9 itu...... 
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.
selamat Anda kena Prank

Slide 9 kita bahas di part berikutnya yah... wkwkwkkwkwk

Salam Kecup dari Mimin

Peri Termanisnya Piyungan


PART 8 : EDUKASI FB MP
Kemarin sore dapat kabar duka, kalo Kang Pipit pemain Sinetron Preman Pensiun meninggal dunia, duh sedih deh jadinya mimin. Bagi Mimin centil, Kang Pipit itu lucu banget, polos, oon dan jenaka. Semoga diterima di Surga-Nya yah Kang Pipit.
Heiii... hari kita bahas tentang Slide 9 Yuk....
Setelah pasang promosi, gambar menarik, offering dan penjelasan menarik. Saatnya Anda giring cabuy Anda untuk segera beli produk Anda, "paksa" mereka segera membeli produk Anda. Makanya di slide ke 9 ini, buatlah Scarecity yang mengandung nilai urgency.
Lihat contohnya...
Free Ongkir untuk yang order sebelum jam 12 siang
Sisa 18 stock lagi nih
Harga promo hanya sampai jam 2 siang ini
Besok senin harga naik. (mimin jadi ingat Fenny Rose)
dan lainnya ........
Sudah paham kan... Nah penjelasan tentang Komposisi Gambar dalam Market Place Facebook ini, juga sudah dijelaskan dalam format gambar di konten Instagramnya Kampus Dosen Jualan, coba aja lihat disini https://www.instagram.com/p/CKTnJGzh1Mg/
Huff... udahan dulu yuk....
Mimin mau pake cream malam dulu, biar bobonya aman dari ciuman si ...... he he he
Besok pagi, mimin tulis part pamungka yah...
Salam Kecup dari
Admin Dosen Jualan
Peri Centilnya Piyungan

Komentar

Postingan Populer